Desa Terara dalam meningkatkan minat baca

kantor Desa Terara

Desa Terara yang merupakan Desa paling barat dan menjadi gerbang Lombok Timur. Memiliki Penduduk usia muda yang produktif dan banyak potensi.

Dalam beberapa programnya terselip sebuah ide dari para Pemuda yang notabene banyak bergelut dalam Organisasi Kepemudaan. Salah satunya Karang Taruna “Permata Mandiri”. Para Pemuda tersebut menegaskan bahwa minat baca di kalangan anak muda saat ini sudah mulai terkikis. Bahkan banyak yang cenderung lebih ke hal-hal yang negatif.

terara2Ide-ide banyak bermunculan, mulai dari merangkul para pemuda tersebut dengan mengadakan turnamen sepak bola sampai kegiatan keagamaan. Akhirnya tercetus sebuah ide dengan meberikan tempat ngumpul bareng para pemuda.

terara1“saya yakin jika para pemuda berkumpul di satu tempat dengan sarana yang menarik dan memadai, akan mengalihkan kegiatan mereka dari hal-hal yang negatif menjadi positif dan produktif, bahkan bermanfaat bagi masyarakat pada umumnya”. tegas Kepala Desa Terara yang kebetulan sangat dekat dengan Pemuda.

Sarana menarik tersebut sudah disediakan, berupa Wifi gratis dan Ngopi Gratis. Namun untuk mendapatkan fasilitas tersebut, para pemuda harus membaca sebuah buku dalam waktu 15 menit.

Buku adalah jendela ilmu, Pemuda juga harus mengembangkan potensi mereka melalui membaca dan menulis, tanpa membaca maka akan sangat sulit dalam mengembangkan diri. (RA)

(foto oleh Beni Khairul Jalil)

Leave a Reply